LINGKUNGAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF HADITS

Authors

  • Muhammad Zein Damanik Sekolah Tinggi Agama Islam Panca Budi Perdagangan
  • Dimas Nugroho Sekolah Tinggi Agama Islam Panca Budi Perdagangan
  • Rudi Herdi Nurmawan Sekolah Tinggi Agama Islam Panca Budi Perdagangan
  • Manda Alief Mawaddah Sekolah Tinggi Agama Islam Panca Budi Perdagangan

DOI:

https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.163

Keywords:

Educational, Islam, Hadiths

Abstract

Studi ini menggali pandangan dan ajaran yang terdapat dalam hadis terkait lingkungan pendidikan dalam Islam. Melalui analisis terhadap hadis-hadis yang relevan, penelitian ini menyoroti bagaimana Nabi Muhammad memandang pentingnya lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan spiritual, intelektual, dan moral umatnya. Dengan mengeksplorasi pesan-pesan pendidikan dalam hadis, penelitian ini juga menawarkan wawasan baru mengenai bagaimana prinsip-prinsip ini dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan modern. Implikasi dari pandangan-pandangan ini terhadap pendidikan kontemporer dan pengembangan diri dalam masyarakat Muslim juga menjadi fokus utama dalam kajian ini. Kesimpulannya, pemahaman yang lebih dalam terhadap pandangan Nabi terhadap lingkungan pendidikan dapat memberikan landasan yang kuat bagi pengembangan sistem pendidikan yang holistik dan berkesinambungan.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Damanik, M. Z., Nugroho, D., Nurmawan, R. H., & Mawaddah, M. A. (2023). LINGKUNGAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF HADITS. Jurnal Al Wahyu, 1(2), 187–198. https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.163