ANALISIS STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MIS AL ITTIHADIYAH SEI BEROMBANG LABUHANBATU

Authors

  • Eva Susanti Nasution Sekolah Tinggi Ilmu Tariyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Leli Hasanah Lubis Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Dwina Putri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.62214/jayu.v2i2.283

Keywords:

Percaya diri siswa, Guru kelas, Strategi guru

Abstract

The research titled "Teacher Strategies in Enhancing Students' Self-Confidence at MIS Al Ittihadiyah, Sei Berombang, Labuhanbatu" uses a descriptive qualitative approach. The subjects of the study are second and third-grade teachers, with data collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis was conducted using the Interactive model of Huberman & Miles, while data validity was checked through source and technique triangulation. The research results show that the teacher's strategies include: providing motivation, appreciation, active communication, special responsibilities for students with low self-confidence, and the development of students' potential through achievements supported by the school.

References

Aliyah Hasan Muchyi Zuyyina Candra Kirana 2020 Peranan Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 1(3), 2721-7078.

Aisyah, Walid, A. Dan Kusumah, R,G,T. 2019 Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. 9(3) 217-226.

Arfa, I. dan Supriyanto. Strategi Gurudalam Pengelolaan Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 9(4) 808-816.

Begumit 2016 Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke IV Agustus.

Ghani, B. A.1987 Dasar-dasr Pokok Pendidikan Islam. M. Athiyah al-Abrasyi. Jakarta: Bulan Bintang, 135-13.

Hamalik 2004. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Cet. III. Bandung: Remaja Rosda Karya

Luddin, A.B M. 2009, Kinerja Kepala Sekolah Dalam Kegiatan Bimbingan Dan Konseling,Bandung Cipta Pustaka Media Perintis, 48.

Nanda, F. A S.Pd,. M.Pd , Sihombing, C. S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Strategi Guru Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Di Masa Pandemic Covid-19 Sdn 054871 Kw.

Nainggolan Y.M, Hasyim. A, dan Adha, M. 2012 Pengaruh Sikap Kasih Sayang Guru Terhadap Perilaku Siswa Berbudi Pekerti Dan Hasil Belajar Siswa Di Sma Perintis 2 Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Nurkholis.2013 Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan 1(1).

Nuriyanto, E. 2020 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Siswa SMP.1 (1) 101-120.

Pagappong, Y. 2015 Peningkatan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Loa Janan Ilir Samarinda Seberang. eJournal Ilmu Pemerintahan. 0000-0000.

Purwaningsih,N.S 2017. Analisis Genre Dalam Karya Pramoedya Ananta Toer Periode 1950-An. Jurnal Sasindo Unpam 5(2).

Perdana,F,J. 2019 Pentingnya Kepercayaan Diri Dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar. The Journal Of Social And Economics Education. 8 (2).

Ramli, M. 2015 Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah 5(1) 2088-4095

Rahman, A. Munandar, S.A. Fitriani, A. Karlina Y.dan Yumriani 2012 Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa. 2 (1).

Rahmat, P, S. 2009. Penelitian Kualitatif Equilibrium. 5(9),1-8.

Sudjana. 2019. Metoda Statistika. Edisi ke VI. Bandung: Tarsiti.

Sumiati, Menjadi Pendidik Yang Terdidik. Jurnal Tarbawi. 2 (1) 2527-4082

Saputra, Y. B. 2019 Pengaruh Tanggung Jawab Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas Iv Sd Se Gugus I Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo The Effect Of Responsibility On Self-Believing Task Of Class Iv Elementary Schools In Cluster I Of Panjatan Subdistrict Kulon Progo Regency, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 Tahun ke-8.

Trismayanti, S. 2019. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 17 (2) 144-158.

Wijaya, dkk. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Mutiara.

Warif, M. Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar Class Teacher Strategy in Facing Lazy Students Learn. Jurnal Tarbawi 4(1) 2527-4082, 2622-920.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Eva Susanti Nasution, Leli Hasanah Lubis, & Dwina Putri. (2024). ANALISIS STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MIS AL ITTIHADIYAH SEI BEROMBANG LABUHANBATU. Jurnal Al Wahyu, 2(2), 322–334. https://doi.org/10.62214/jayu.v2i2.283