GAGASAN EVALUASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENILAIAN PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.62214/jayu.v2i1.177Keywords:
Islamic Education, Evaluation, LearningAbstract
Dalam penelitian ini digali ide gagasan evaluasi dan implikasinya terhadap penilaian proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Tulisan ini menggunakan metodologi kualitatif dan teknik studi literatur. Temuan diskusi menunjukkan bahwa pengukuran dan penilaian merupakan evaluasi. Karena merupakan bagian dari proses pembelajaran, maka evaluasi mempunyai peranan yang sangat strategis dalam konteks pembelajaran. Tujuannya untuk mengevaluasi efektivitas dan efisiensi sistem pembelajaran. Evaluasi inisiatif, prosedur, dan hasil pendidikan merupakan bagian dari ruang lingkup. Kriteria evaluasi biasanya mencakup kesinambungan, kelengkapan, keadilan, objektivitas, kerja sama, dan kepraktisan. Prinsip-prinsipnya adalah integrasi, koherensi, pedagogi, dan akuntabilitas, khususnya. Evaluasi pembelajaran menurut sifatnya mencakup perencanaan, pengembangan, pemantauan, dampak, efisiensi, dan evaluasi program secara menyeluruh. Menurut objeknya, masukan, transformasi, dan keluaran semuanya merupakan bagian dari evaluasi pembelajaran. Subyeknya adalah pendidik, petugas yang telah dilatih, bahkan siswa dapat menilai dirinya sendiri. Dari segi teknik terdiri dari tes dan non tes. Implikasinya evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah harus dilakukan secara berkesinambungan, menyeluruh dan terpadu. Dengan demikian, pendidik Pendidikan Agama Islam harus mampu mengevaluasi perkembangan peserta didik meliputi aspek Aqliyah, Qolbiyyah, dan Amaliyah.
References
Arifin, Z. Evaluasi Pembelajaran : Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Arikunto, S. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Dudin, A. Evaluasi Pendidikan Agama Islam Pada SMP. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 2007.
Hanun, F. Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Jurnal Penamas, 29(3). 401–418, 2016
Hidayat, T., etc. Pola Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir Bandung Dalam Membentuk Kepribadian Islami. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, VII(1), 9–19, 2018.
Hidayat, T., Suryana, T. Menggagas Pendidikan Islam : Meluruskan Paradigma Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(1). 75–91, 2018.
Hidayat, T., Syafe’i, M. Filsafat Perencanaan dan Implikasinya dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Lentera Pendidikan, 21(2), 188-205, 2018.
Ismail, F. Inovasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Model-model Penilaian Berbasis Afektif). Ta’dib, XVIII(2), 228–259, 2013.
Mahmudi, I. CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6(1). 112–124, 2011.
Miswanto. Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter. Jurnal Madaniyah, VII. 151–164, 2014.
Naima, Erniati. Evaluasi Pendidikan : (Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa STAIN Datokarama Palu). Istiqra’ : Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(2). 239–258, 2013.
Nurharjadmo, W., Negara, J. A. Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda di Sekolah Kejuruan. Spirit Publik, 4(2). 215–228, 2008.
Nuryamin. Hakikat Evaluasi: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Lentera Pendidikan, 14(2), 202–218, 2011.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Putra, S. R. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Yogyakarta: DIVA Press, 2013.
Qowaid, & Setianingsih, N. Evaluasi Diklat Guru Pendidikan Agama Islam Tingkat SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 4(4). 158, 2006
Raharjo, S. B. Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16 (2). 298–319, 2012.
Ramadhan, S. Evaluasi Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qayyim Putri Yogyakarta. Jurnal Al-Thariqah, 2(1), 39–50, 2017.
Sudijono, A. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008.
Sukardi. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Syafri, Z. Analisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Rambatan, Tanah Datar. Jurnal Al-Fikrah, IV(2), 187–197, 2016.
Syahrul. Konsep Evaluasi Pendidikan dalam Perspektif Al Qur’an. Jurnal Hunafa, 4(4), 305–320, 2007.
Wijaya, A., Sumarno. Evaluasi Dampak Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Matematika di PPPPTK Matematika Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 127–141, 2017.
Yusuf, A. M. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2015
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Al Wahyu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.